Sabtu, 11 Juni 2011

KEHIDUPAN REMAJA

Menurut saya pribadi kehidupan adalah sebuah sturktur yang dimana struktur tersebut ada sebuah ketergantungan dan tali penyambung satu sama lain yakni antara komponen biotik dan abiotik.Dan didalam kehidupan memiliki banyak sekali potret-potret kegiatan yang berlangsung dengan berbagai macam bentuk seperti hal nya, atar pembeli dan penjual yang dimana jika tidak ada seorang penjual maka seorang pembeli juga akan merasa bingung untuk bisa memenuhi kebutuhannya.Dan ketergantungan antara sawah dengan air,jadi jika tidak ada air maka padi dan tumbuhan lain yang hidup di sawah tidak akan hidup makmur dan menghasilkan hasil. Kemudian seperti sebuah masalah yang harus diselesaikan agar tidak menimbulkan kesalah fahaman antar individu. Itulah beberapa kecil contoh yang dapat disimpulkan dari sebuah arti kehidupan. Dan di sinilah arti sesungguhnya dari sebuah kehidupan yaitu tak dapat melangsungkan hidupnya tanpa ada orang atau pihak lain di sekitarnya. Jadi,selama kita menjadi manusia sosial maka disnilah kita membutuhkan pihak lain karna manusia tidak dapat hidup sendiri. Di muka bumi ini.

Sedangkan remaja, remaja adalah peralihan seseorang dari masa anak-anak menjadi dewasa. Dan di masa inilah banyak sekali perubahan yang terjadi pada diri seseorang remaja, mulai dari perubahn fisik dan perubahan psikologi. Ada beberapa contoh yang di rasakan remaja pada perubahan fisiknya seperti: tumbuhnya jakun, membesarnya suara,membesarnya pinggul, membesarnya payudara dan lain sebagainya. Sedangkan perubahan psikolog adalah seseorang menjadi dewasa, dan perubahan sifat seperti : menjadi lebih menjadi pendiam, semakin nakal, dan beberapa perubahan lainnya. Itulah beberapa contoh yang umum di rasakan oleh setiap remaja. Namun ada juga remaja yang tidak dapat merasakan perubahan pada dirinya. Karena ada beberapa faktor yang menghalangi, salah satunya adalah pertumbuhan yang tidak seimbang antara otok / psikolog dan postur tubuh lainnya.

Dan saat ini dunia remaja khusunya di Indonesia dipenuhi dengan warna warni senyum, canda,tawa,kebahagiaan,jerit,sedih,tangis bahagia,dan tangis kesedihan.Dan berbagi masalah yang tak unjung berhenti dan pertikain tak kunjung usai selalu menghiasi lintas peristiwa remaja.

Banyak faktor yang selalu mewarnai kehidupan remaja. Dan salah satu kasus dari beberapa kasus yang kini menyelimuti dunia remaja di beberapa negara khusunya negara kita tercinta, yakni negara Indonesia adalah pergaulan bebas, kehidupan yang suram dan dunia pendidikan yang semrawut. Kini banyak remaja yang hanya memikirkan kebebasan, kenikmatan dan kebahagiaan sesaat, tanpa memikirkan orang tua yang selalu berusaha untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka, namun mereka sama sekali tidak memikirkan dengan apa yang telah orang tua mereka berikan. Mereka juga tidak memikirkan masa depan mereka. Padahal dalam sesuatu pepatah mengatakan “ KENIKMATAN SESAAT HANYALAH KENIKAMATAN SESAAT ”. Namun zaman sekarang jarang ada remaja yang memikirkan masa depan mereka dan hanya memikirkan kebahagiaan tanpa memikirkan hal positive dan berguna bagi hidupnya. Dan sedikit banyak remaja melakukan itu semua hanya untuk pelampiasan sebuah permasalahan yang tak kunjung menemukan titik temu yang pasti.

Selain itu, kenakalan remaja yang tak pernah sepi dari seputar roda kehidupan dunia adalah penggunaan HIV AIDS yang terlalu berlebihan, dan semua perilaku itu berawal dari perasaan penasaran dan akhirnya mereka melakukan coba-coba. Survei membuktikan bahwa penguunaan NARKOBA berawal dari penggunaan rokok. Kemudian coba-coba mnggunakan atau bahasa trennya adala “menjajal” dan kemudian berakhir dengan hasil kecanduan yang sulit untuk berhenti agar tidak menggunakan NARKOBA,ROKOK, dan sebagainya.Dan setiap remaja mempunyai alasan yang berbeda-beda dalam penggunaan NARKOBA dan ROKOK salah satunya adalah untuk menghilangkan stres dan kenikmatan sesaat, dan lain lagi. Namun apakah alasan itu tepat dan benar ?. Bukankah semua itu hanya menambah masalah dan semakin memburuknya dunia pendidikan ?. Entahlah zaman sekarang dunia rasa seperti terbalik arah. Banyak kerusakan pada sifat dari diri anak, dan kerusakan generasi yang tak kunjung membaik.

Tidak hanya faktor itu saja yang membuat sebagian remaja melakukan kenakalan,yakni lingkungan yang tidak mendukung dan tidak mendidik untuk dipergunakan hidup atau bermukim bagi seorang remaja.Seperti hal nya seorang remaja yang tinggal bersama para pemabuk-pemabuk, dan para perusak-perusak ketenangan di dalam dunia kehidupan.Karena dunia remaja sangatlah berbeda dengan dunia para perusak ketenangan.Dan jika seorang remaja tinggal bersama mereka tidak akan menciptakan generasi yang baik di masa depan, namun malah semakin memperburuk generasi-generasi yang akan datang.Karena kehidupan para perusak dan brutak akan di contoh dan di anut oleh anak-anak dan para remaja lain. Padahal bukankah remaja-remaja itu yang akan menjadi pewaris pada masa yang kan datang ?. Namun di sini,seperti halnya di Indonesia tidak ada sedikit kesadaran dari pihak para remaja dan pemerintah. Jadi hasilnya adalah remaja-remaja itu semakin memburuk dan tidak jelas masa depan yang akan di capai nantinya.

Faktor selanjutnya adalah kurangnya kasih sayang dan perhatian dari orang-orang di sekitar mereka khususnya orang tua.Karena banyak dari sebagian remaja yang melakukan kenakalan akibat dari orang tua yang tidak memperhatikan kehidupan mereka seperti anak-anak yang menjadi korban percerain orang tua dan berakibat fatal pada berkembangan kehidupan mereka khususnya perkembangan psikologis seorang anak,seperti kenakalan-kenakalan yang telah di sebutkan tadi, bahkan yang lebih diperhatikan adalah batin anak yang selalu berubah ubah ketika ada faktor lain dari dirinya dan sulit untuk di baca dari orang yang ada di sekitarnya.Lebih lagi kepada anak yang keluarganya telah bercerai atau bahasa umumnya broken home karena, disaat mereka melihat teman mereka memiliki keluarga yang harmonis dan utuh maka rasa iri itu akan datang dan hati mereka terkadang menjerit karena mereka merasa tidak memiliki siapa-siapa akibat keluarga yang tak utuh kembali.Dan di dalam lubuk hati mereka, terkadang mereka menginginkan dan merindukan kasih sayang yang dulu ada dan lengkap di saat mereka masih bersama. Namun apa daya banyak orang tua yang tidak mengetahui apa yang anak mereka rasakan. Dan semua itu terlalu pahit untuk dikenang dan di rasakan.Dan disinilah letak kewajiban dari orang tua yang harus dilakukan oleh semua orang tua.

Selain orang tua,seharusnya pemerintah juga harus menyelesaikan hal ini, karena jika tetap terus di biarkan maka generasi muda yang handal dan lebih, yang kita harapkan akan menjadi sebuah mimpi di angan kita yang entah sampai kapan kan terwujud.Banyak cara yang dapat di lakukan oleh pemerintah sperti membuat rumah rehabilitasi yang di tujukan kepada semua anak dan remaja Indonesia yang telah melakukan kenakalan remaja agar negara kita dapat menciptakan generasi-generasi yang bisa dan mampu untuk memegang pemerintahan dan mengendalikan negara agar negara Indonesia ini lebih maju. Dan mengadakan rahasia ke jalan-jalan raya dan tempat dimana mereka sering berada seperti kolong jembatan, di bawah jalan tol dan lain sebagainya. Dan setelah itu wakil dari pegawai pamerintahan yang mengurusi bidang tersebut dan SATPOL PP segera membawa anak-anak dan para remaja ke tempat rehabilitasi itu. Sehingga para remaja dan anak-anak yang berada di jalanan semakin berkurang dan akhirnya tidak ada lagi para remaja yang mewarnai dengan tinta hitam tentang dunia remaja.

Kemudian, pemerintah atau lembaga-lembaga lain dapat melakukan sosialisasi kepada para remaja dan para orang tua, agar selain remaja-remaja itu sadar dengan apa yang telah mereka lakukan maka diharapkan kepada seluruh para remaja Indonesia dan generasi muda lainnya dapat menjadi penerus bangsa yang baik dan dapat membuat negara Indonesia menjadi negara yang lebih maju.

Dan hal lain yang dapat dilakukan kembali adalah dakwah melewati sekolah-sekolah atau media cetak yang biasa di baca oleh para remaja.Maka dari itu sedikit demi sedikit InsyaAllah hati para remaja akan terbuka dan para remaja Indonesiapun menjadi remaja yang dapat di contoh.Jadi, negara Indonesia di dunia luar tidakhanya terkenal dengan berbagia juta berita korupsi namun juga terkenal remaja-remaja yang mempunyai akhlaqul karimah dan IPTEK yang begitu mengagumkan di kemudian hari ammin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

sLamaD mCarie ... :)

ChAsBuLLaH mEmAnG KeRen?!!!

Qw sekarang d tambakberas...ya,sekolah d sana tidak kalah menarik dengan sekolah-sekolah yang laen? 1 angkatan ja?...500san?.. d Bahrul Ulum d 33 pondok ,pondok ku insya allah nomor 24, smw banyak yang nyebut kl pondok qw 2?...berbasis asrama?...padahal...!ya..agak sedikin "BEBAS" cih?but,jangan di liat dari luarnya?...dari dalamnya?..ohhhhh KEREN!!
Qw bangga dengan PPT CHASBULLAH